Senin, 21 November 2011

Tugas Pertemuan Terakhir


BAB III
Metodologi Penelitian

Data & Sumber Data
·         Data Primer
Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data yang dapat menggambarkan hubungan-hubungan yang dapat dihipotesi1skan antar konstruk yang ada, sehingga memungkinkan untuk menjelaskan sebuah kualitas. Termasuk didalamnya kausalitas berjenjang yang mungkin ada. Data primer adalah data yang diperoleh langsung dan sumbernya, diamati dan dicatat untuk pertama kalinya. Pengambilan data primer diperoleh dengan menggunakan sejumlah instrumen yang berupa kuesioner dan diolah untuk kepentingan penelitian ini. Sasaran responden yang dimaksud adalah Pasien Rawat Inap Rumah Sakit.

·         Data Sekunder
Guna memperkuat keabsahan penelitian ini, peneliti juga menghimpun data sekunder, yaitu merupakan jenis data yang ada kaitannya dengan masalah yang diteliti yang diperoleh melalui literature-literatur, jurnal-jurnal penelitian terdahulu, majalah maupun data dokumen yang sekiranya diperlukan untuk penelitian ini. Meski data-data sekunder membantu konten penelitian, namun dalam penelitian ini, tidak menjadi input data diolah.


Variabel dan Indikator
Variabel yang dianalisis dalam penelitian ini terdiri:
1.      Variabel bebas: X1 (kualitas pelayanan medis), X2 (kualitas pelayanan paramedis), dan X3 (kualitas pelayanan penunjang medis)
2.      Variabel terikat: Y (kepuasan konsumen).



Model Penelitian
Model analisis data yang digunakan adalah uji validitas dan uji reliabilitas kuesioner. Tahap selanjutnya, data kuesioner dianalisis dengan regresi berganda melalui uji statistik deskriptif, uji - t, uji ketepatan model, dan uji asumsi klasik. Susunan model empiriknya adalah :
Y = a + b1X1 + b2X2 + b3X3 + K
Keterangan :
Y         = kepuasan konsumen
a          = konstanta
b1         = koefisien X1
b2         = koefisien X2
b3         = koefisien X3
X1        = kualitas pelayanan medis
X2        = kualitas pelayanan paramedis
X3        = kualitas pelayanan penunjang medis
K         = residual

Tidak ada komentar:

Posting Komentar